Hai, Kriptopers!

Apa itu cyber attack? Kamu pasti tidak asing lagi mendengar kata ini kan Kriptopers. Apalagi akhir-akhir ini lagi rame banget seputar pembajakan dalam dunia siber. Ada hacking, ransomware, malware, penipuan OTP, phising dan kejahatan cyber lain yang kerap terjadi. Serangan Phising adalah salah satu jenis serangan peretasan yang sering digunakan para penjahat siber. 

Phising adalah bentuk kejahatan dunia maya dimana peretas mengelabui korban untuk mengklik sebuah link atau situs website palsu untuk mencuri informasi pribadi. Link phising biasanya dibuat mirip seperti link dari sebuah instansi resmi. Kemudian peretas akan menyisipkan link tersebut di dalam narasi yang disebarkan melalui berbagai metode, seperti email, SMS, atau situs web.

Phisher, sebutan pelaku phising, biasanya menargetkan informasi seperti username, kata sandi dan data pribadi lainnya yang bersifat sensitif. Dalam dunia kripto, modus kejahatan ini biasanya datang dalam bentuk exchange palsu. Para pelaku phising menargetkan kata sandi akun trading exchange, kode 2FA situs website tertentu, dan lain sebagainya.

Jenis Phising yang paling umum:

– Email Phising

Contoh phising ini misalnya menerima email yang serupa dengan digitalexchange.id. Namun, sebenarnya email tersebut berasal dari scammer yang meminta Anda memberikan informasi atau meminta mengakses tautan website palsu. 

Jika kamu menerima email dari pengguna tidak dikenal atau dari alamat email mencurigakan, yang meminta kamu untuk mengklik sebuah link, gerakkan (bukan diklik) kursor kamu ke link terlampir dan lihat di kiri bawah layar. Akan terlihat domain tujuan dari link tersebut. Jika URL halaman tujuan bukan milik situs web resmi, maka sudah dipastikan bahwa link itu adalah link phising. Jadi, jangan klik link tersebut.

– Situs web

Pelaku akan mengatur halaman web phising tampak sangat mirip dengan website resmi. Alhasil, ketika Anda memasukkan nama pengguna dan kata sandi, data akan terekam dan dapat dipakai oleh scammers untuk mengakses akun Anda ke website yang benar.

Salah satu cara cepat mengenali situs web phising adalah alamat situs web yang digunakan. Alamat situs web palsu biasanya sangat mirip dengan situs web yang sebenarnya. Supaya terlihat serupa dengan situs asli, phisher dapat menyisipkan huruf atau simbol yang sama di URL dari situs palsu tersebut.

– Telepon atau SMS

Contoh phishing ini dilakukan melalui panggilan telepon atau pesan yang mengaku sebagai pihak digitalexchange.id. Di dunia kripto, SMS phising umumnya selalu menyatakan bahwa pengguna mendapatkan koin atau aset kripto secara “gratis”. Untuk mengklaim aset “gratis” tersebut, pengguna cukup mengklik link yang terlampir dalam SMS.

Tips supaya terhindar dari kripto hack maupun phising:

  1. Selalu gunakan situs web yg aman dan official 
  2. Buatlah password yang kuat dan ubah password secara berkala
  3. Gunakan sandi yang berbeda pada tiap akun
  4. Selalu update platform dan anti virus yang ada di perangkat keras yang digunakan
  5. Pantau transaksi secara berkala supaya tidak ditemukan transaksi palsu
  6. Tidak memberikan data pribadi kepada sembarang orang
  7. Gunakan Two-Factor Authentication
  8. Hindari menggunakan wifi di tempat umum
  9. Hindari mendownload atau membuka file dari sumber yang tidak terpercaya

Agar kamu terhindar dari SMS phising maupun penipuan, kamu bisa mengaktifkan peringatan scammer. Selain itu, penting untuk dicatat bahwa tidak ada trading exchange yang mengirim SMS semacam itu ke penggunanya. Oleh karenanya, jika kamu mendapatkan SMS dari nomor mencurigakan, segera abaikan pesan tersebut.

Perlu dicatat juga ni Kriptopers, pastikan kamu menggunakan platform (exchange) jual beli aset kripto yang terpercaya: Pilih exchange yang terpercaya dan memiliki reputasi baik untuk membeli dan menjual aset kripto. Pastikan bahwa exchange tersebut memiliki sistem keamanan yang baik dan sudah terdaftar di Bappebti. Seperti digitalexchange.id yang telah terdaftar di Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI), Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (ASPRAKINDO) dan ditunjuk sebagai Komite Aset Kripto Bursa ICDX. Digitalexchange.id memiliki sistem keamananan yang ketat dan telah tersertifikasi ISO 270001dan ISO/IEC 27017:2015

Selain itu, dengan menggunakan digitalexchange.id, Kamu dapat memanfaatkan berbagai fitur dan alat analisis yang membantu Kamu membuat keputusan investasi yang lebih cerdas. Dengan demikian, ada banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui digitalexchange.id. Jadi, jangan tunggu lagi, segera daftar dan berpetualang di dunia investasi yang menakjubkan!


Butuh platform crypto exchange di indonesia dengan spread harga rendah dan liquidity yang cepat?

digitalexchange.id akan menjawab kebutuhanmu

Tersedia di App Store & Play Store


Share This Article: