Sobat Cuan tahu jika kita bisa mendapatkan bitcoin tanpa harus membeli? Caranya yaitu dengan mining bitcoin. Lantas, bagaimana sih cara mining bitcoin gratis itu?

Seperti yang diketahui bahwa, Bitcoin (BTC) adalah salah satu aset digital berbasis kripto yang digunakan banyak investor sebagai sarana investasi digital. Namun, seiring dengan berkembangnya minat pasar, harga Bitcoin yang fluktuatif tidak menyurutkan orang untuk bisa mendapatkannya.

Untuk itulah, mendapatkan Bitcoin tanpa harus membeli, salah satunya adalah dengan menambang (mining) Bitcoin. Cara mining bitcoin gratis ini dapat dilakukan dengan dua cara yakni; penambangan berbasis cloud (cloud mining) dan penambangan sendiri (solo mining).

Penambangan berbasis cloud membutuhkan alat untuk menambang Bitcoin. Mereka membeli perlengkapan seperti CPU (central processing unit) dari pusat data untuk melakukan aktivitas mining.

Solo mining adalah penambangan kripto individu di mana seseorang bekerja sendiri tanpa bergabung dengan penambang lain dalam kolam penambangan. Penambang mencoba memecahkan algoritma untuk menambahkan blok ke blockchain sendirian, dengan hadiah penuh jika berhasil.

Namun, apakah mungkin mendapatkan Bitcoin dan aset digital lainnya tanpa biaya sama sekali? Tentu, ini benar! Bahkan, ada cara untuk menambang Bitcoin tanpa biaya! Bagaimana caranya? Mari simak cara mining bitcoin gratis berikut ini yang harus kamu ketahui.

Pengertian Mining Bitcoin

Istilah “mining Bitcoin” merujuk kepada proses pembuatan baru Bitcoin dan verifikasi transaksi yang berlangsung pada jaringan Bitcoin. Cara mining bitcoin gratis adalah dengan menggunakan daya komputasi untuk memecahkan teka-teki matematika yang kompleks, bagian integral dari cara kerja Bitcoin.

Setiap transaksi diverifikasi, blok baru ditambahkan ke rantai blok, dan penambang diberi imbalan Bitcoin. Aktivitas ini menjaga keamanan jaringan karena memerlukan daya komputasi yang tinggi. Walaupun semakin kompleks, banyak beralih ke bentuk kolaborasi seperti menambang dalam kolam untuk berbagi imbalan.

Aktivitas menambang Bitcoin juga berperan dalam menjaga keamanan jaringan, karena memerlukan lebih banyak daya komputasi untuk menguasai jaringan daripada memvalidasi transaksi yang sah. Ini membuat serangan terhadap jaringan menjadi lebih mahal dan tidak praktis.

Kenapa Mining Bitcoin Penting?

Mungkin saat ini, Kamu masih bingung mengapa Bitcoin memerlukan penambang (miner) dan mengapa kita perlu menambang Bitcoin. Penjelasannya, para penambang Bitcoin sebenarnya berfungsi sebagai auditor.

Sebaiknya Kamu tahu bahwa penambang adalah orang yang memegang peran penting dalam ekosistem Bitcoin. Mereka bertugas memeriksa apakah transaksi Bitcoin sah atau tidak.

Proses menambang seperti hubungan mutualisme, menguntungkan tidak hanya bagi penambang, tetapi juga bagi Bitcoin itu sendiri. Dengan memverifikasi transaksi, penambang membantu Bitcoin mencegah terjadinya tindakan “double-spending”.

Double-spending adalah tindakan curang di mana seseorang mencoba menggunakan Bitcoin yang sama untuk melakukan transaksi yang berbeda lebih dari sekali. Tujuannya adalah memperoleh keuntungan finansial dengan memperdaya penerima pembayaran Bitcoin.

Sebagai contoh, jika seseorang melakukan transaksi dengan Bitcoin, lalu mencoba melakukan transaksi baru dengan Bitcoin yang sama sebelum transaksi pertama selesai diproses.

Kejadian semacam itu bisa membuat penerima pembayaran kehilangan Bitcoin yang dikirim, sementara pengirim masih mempertahankan Bitcoin dan mendapat untung secara tidak adil.

Mencegah double-spending adalah salah satu tujuan utama teknologi blockchain. Ini diperlukan untuk menjaga integritas dan kepercayaan dalam sistem Bitcoin dan aset crypto lainnya.

Cara Mining Bitcoin Gratis

Ternyata cara menambang Bitcoin tidaklah sulit, berikut ini beberapa cara mining Bitcoin gratis, antara lain:

Menyiapkan Bitcoin wallet

Untuk dapat mengakses situs penyedia layanan penambang Bitcoin, Kamu perlu memiliki Bitcoin wallet. Wallet digital ini memungkinkan Kamu untuk mengirim, menerima, atau menyimpan koin kripto yang Kamu miliki.

Akses ke situs mining gratis

Setelah memiliki Bitcoin wallet, Kamu juga membutuhkan platform penyedia layanan menambang. Kamu bisa mengaksesnya menggunakan (PC) atau aplikasi (Android). Setelah semuanya siap, sekarang saatnya Kamu mengetahui langkah demi langkah agar Kamu bisa menambang Bitcoin. Ada dua cara menambang Bitcoin berdasarkan perangkatnya:

1. Cara mining Bitcoin gratis di PC atau komputer

Metode ini umumnya diterapkan oleh penambang dengan sumber daya yang cukup besar, mengingat biaya yang tak sedikit untuk merakit “rig” penambangan. Berikut tahap-tahap menambang Bitcoin menggunakan PC:

  • Persiapkan PC yang telah dikonfigurasi khusus untuk penambangan.
  • Buat wallet Bitcoin atau dompet digital.
  • Unduh perangkat lunak khusus penambangan.
  • Lakukan registrasi akun.
  • Mulai proses penambangan.

2. Cara mining Bitcoin gratis di Android

Selain menggunakan PC, ternyata Kamu juga dapat melakukannya dengan hp Android. Sebenarnya, cara mining Bitcoin gratis menggunakan hp tidak terlalu berbeda dari cara kerja dengan PC, tetapi perlu Kamu garis bawahi bahwa cara ini kurang efektif dibandingkan dengan menambang menggunakan PC, karena performa hp Android biasanya lebih rendah daripada PC.

Namun, para pemula bisa mencoba menambang Bitcoin dengan hp Android untuk belajar. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi bernama MinerGate. Perlu Kamu ketahui bahwa MinerGate adalah aplikasi untuk menambang beberapa jenis aset kripto, termasuk Bitcoin.

Kelebihan dari aplikasi menambang Bitcoin ini adalah Kamu tidak perlu selalu online secara terus-menerus. Aset kripto yang Kamu kumpulkan akan diakumulasi secara berkala.

Lalu, bagaimana cara menambang Bitcoin menggunakan HP dengan aplikasi MinerGate?

  • Pertama, Kamu perlu mendownload aplikasi MinerGate di Play Store.
  • Kemudian, daftarkan akun dan masuk ke dalam aplikasi.
  • Setelah berhasil masuk, Kamu bisa memilih opsi penambangan yang Kamu inginkan.
  • Setelah itu, Kamu bisa memulai proses penambangan.
  • Pilih aset kripto Bitcoin.

Baca juga: Cara Investasi Crypto biar Cuan Maksimal, Lengkap dan Mudah

Ternyata caranya sangat mudah, bukan? Karena tidak memerlukan konfigurasi khusus yang membingungkan, cara ini sangat cocok digunakan oleh para pemula.

Situs Penyedia Mining Bitcoin Gratis

Setelah tahu cara dan tahapannya, Kamu juga perlu tahu beberapa situs yang memungkinkan mendapatkan Bitcoin secara gratis.

1. FreeBitco.in

Cara mining Bitcoin gratis melalui website yang pertama adalah melalui situs website FreeBitco.in. FreeBitco.in merupakan situs web faucet terbesar saat ini. Meskipun hanya memberikan pembayaran sekali per jam, mereka juga mengadakan undian mingguan di mana Kamu berkesempatan memenangkan 1 Bitcoin (BTC).

2. Cryptotab

Cara mining Bitcoin gratis melalui website yang kedua adalah melalui situs website Cryptotab. Cryptotab adalah sebuah web browser dan juga plugin untuk mendapatkan Bitcoin tanpa biaya. Mirip dengan Chrome atau Safari, web browser ini memiliki keunggulan mampu melakukan penambangan Bitcoin. Tidak hanya itu, mereka juga menyediakan aplikasi untuk smartphone.

3. RollerCoin

RollerCoin adalah sebuah simulasi game mining Bitcoin virtual online. Kamu dapat bersaing dengan teman-teman dalam aktivitas penambangan Bitcoin. Namun, bukannya mengandalkan teknologi blockchain yang rumit, Kamu malah dapat menguji keterampilan dengan menyelesaikan misi, menjalankan tugas, dan membangun kerajaan penambangan. RollerCoin merupakan salah satu situs website mining bitcoin yang bisa kamu jadikan alternatif untuk mendapatkan cuan.

4. BetterHash

Betterhash adalah perangkat lunak untuk melakukan mining Bitcoin dan mata uang kripto lainnya tanpa biaya. Cara kerjanya bergantung pada spesifikasi komputer yang Kamu miliki, yang digunakan untuk memvalidasi transaksi mata uang kripto atau disebut juga dengan hash. Di situs ini, Kamu juga bisa melakukan jual-beli mata uang kripto dengan persyaratan yang mudah.

5. Cointiply

Cointiply adalah situs web yang menawarkan Bitcoin secara cuma-cuma. Faucet ini diluncurkan dua tahun yang lalu pada bulan Februari 2018. Faucet Bitcoin gratis ini memiliki berbagai tugas agar Kamu bisa mendapatkan Bitcoin secara cuma-cuma. Banyak komentar yang menyatakan bahwa situs Cointiply ini sah dan termasuk salah satu faucet dengan pembayaran tertinggi. Situs web ini juga menyediakan Bonus Loyalitas dan Bitfun.

Aplikasi Mining Bitcoin Gratis untuk Android dan iOS

Selain melalui situs web, bagi Kamu pengguna Android maupun iOS, cara mining Bitcoin gratis juga bisa dilakukan melalui beberapa aplikasi berikut ini:

  • Sweatcoin
  • StormX
  • CashPirate
  • BTC Safari
  • Dan lain-lain.

Yuk Mulai Investasi Bitcoin melalui digitalexchange.id

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Sobat Cuan tertarik untuk membeli aset crypto? Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara mining Bitcoin dan mengapa hal ini menjadi penting saat ini? Nah, jika begitu, ayo mulai investasi Bitcoin di digitalexchange.id, platform terkemuka untuk crypto exchange di Indonesia! Melalui Digital Exchange, kamu juga bisa menemukan berbagai koin atau aset kripto yang bisa kamu mining.

Melalui digitalexchange.id, Kamu bisa membeli BTC (Bitcoin) dengan keamanan yang terjamin, menjadikannya pilihan utama untuk investasi crypto jangka panjang. Transaksi dalam digitalexchange.id berjalan 24 jam nonstop, memberikan fleksibilitas bagi para investor crypto Indonesia. digitalexchange.id memiliki pelayanan yang sangat praktis dan handal.

Para member digitalexchange.id dapat melakukan transaksi melalui situs web atau aplikasi di genggaman, memberikan kemudahan dalam mengakses dunia crypto Indonesia. Kamu dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja!

Memang, melakukan mining Bitcoin secara gratis akan menawarkan potensi yang menarik. Namun, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, termasuk risiko yang ditimbulkan di kemudian hari.

Untuk masuk ke dalam dunia mining atau investasi crypto, agar hasil yang Kamu peroleh sesuai dengan harapan, Kamu dapat  berinvestasi kripto dengan aset Bitcoin di digitalexchange.id, caranya sangat mudah. Pertama-tama, Kamu perlu mendaftar di digitalexchange.id.

Setelah terdaftar, Kamu dapat mulai berinvestasi dalam Bitcoin dan memantau pergerakan harga Bitcoin dan mendapatkan aset coin crypto terbaik lainnya secara real-time. Dengan melakukan riset dan analisis pasar yang baik, kamu dapat membuat keputusan investasi yang lebih cerdas dan mengoptimalkan potensi keuntunganmu.

Semoga sukses dalam perjalanan investasi di dunia kripto dan dapat meraih hasil yang gemilang di crypto trading Indonesia!


Butuh platform jual beli crypto Indonesia dengan spread harga rendah dan liquidity yang cepat?

digitalexchange.id akan menjawab kebutuhanmu

Tersedia di App Store & Play Store


Share This Article: