Dunia metaverse merujuk pada lingkungan virtual atau maya yang terhubung dengan dunia nyata. Potret kehidupan di dunia digital yang serba canggih ini banyak diangkat ke dalam sebuah film. Film tentang metaverse umumnya mengangkat sebuah gambaran tentang dunia virtual-reality. 

Nah ternyata, ada beberapa rumah produksi film yang sengaja mengusung tema Metaverse ke dalam film buatannya. Film apa sajakah itu?

1. The Matrix (1999-2021)

Pasti sudah tidak asing kan dengan film ini? Film yang sudah memiliki beberapa serialnya yang juga berbicara tentang dunia metaverse. Pada film pertamanya, bercerita mengenai bagaimana manusia berada di realitas simulasi bernama Matrix. Keanu Reeves yang berperan sebagai Neo, menjadi seorang programmer dan berhasil mengungkapkan kebenaran tentang Matrix. Kemudian, dia pun bergabung dengan pemberontak untuk melawan mesin bersama orang yang dibebaskan dari Matrix. Film ini terkenal dengan efek menghentikan waktu di adegan-adegan aksinya. Tonton deh, seru banget Kriptopers!

2. Free Guy (2021)

Film bergenre komedi bercampur sci-fi ini menceritakan kehidupan dunia video game yakni Free Guy. Salah satu karakternya adalah teller bank bernama Guy (Ryan Reynolds). Menyadari bahwa ia hanyalah nonplayble character (NPC) atau karakter yang tidak dapat dimainkan, Guy mencoba menjadi pahlawan dalam ceritanya sendiri untuk menyelamatkan dunia gimnya sebelum dimatikan oleh pengembang.

3. Blade Runner 2049 (2017)

Film yang rilis pada tahun 2017 ini dibintangi oleh Ryan Gosling dan Harrison Ford. Film ini mengusung genre sci-fi yang diselingi dengan adegan-adegan seru dari para aktornya. Selain itu, Blade Runner juga mengambil latar belakang waktu pada tahun 2049. Pada saat itu, seluruh penduduk bumi harus hidup berbarengan dengan manusia rekayasa.

4. Ready Player One (2018)

Film ini menjadi populer pada tahun 2018 karena membahas sesuatu yang baru, yaitu dunia virtual.’Ready Player One’ menceritakan kompetisi yang digelar di sebuah virtual bernama OASIS (Ontologically Anthropocentric Sensory Immersive Simulation). Terdapat 3 remaja yang sedang berburu harta karun di dunia buatan tersebut.Mereka terus berusaha untuk menang dengan hadiah yang cukup besar. Tentu tidak berjalan mulus, remaja-remaja tersebut mendapatkan rintangan yang cukup berat hingga hampir ingin menyerah.Apakah mereka akan berhasil? Tonton aja ya Kriptopers!

5. Tron: Legacy (2010)

Mengisahkan tentang petualangan Sam (Garrett Hedlund) ke dunia virtual reality bernama The Grid. Dunia VR tersebut diciptakan oleh ayah Sam yang hilang secara misterius pada 1989. Dunia Grid ditemukan Sam secara tidak sengaja, bahkan Sam membiarkan dirinya masuk ke dalam Grid yang ternyata sangat futuristis. Sayangnya, untuk dapat kembali ke dunia nyata dan keluar hidup-hidup, Sam harus mengalahkan program bernama Rinzler sekaligus penguasa dunia Grid, Clu.

Share This Article: