Pendahuluan dan Sejarah Quant (QNT)?

Pada Juni 2018, Quant diluncurkan dengan tujuan menghubungkan blockchain dan jaringan secara global, tanpa mengorbankan efisiensi dan interoperabilitas. Proyek ini menjadi solusi terdepan dalam mengatasi masalah interoperabilitas melalui penciptaan sistem operasi blockchain pertama.

Sebagai sebuah sistem operasi untuk teknologi buku besar terdistribusi, Quant dan Jaringan Overledger dirancang untuk menghubungkan berbagai jaringan blockchain. Inilah yang membuatnya disebut sebagai sistem operasi (OS) pertama yang dirancang khusus untuk blockchain.

Quant memiliki tujuan utama, yaitu menjembatani kesenjangan antara berbagai blockchain. Jaringan Overledger menjadi tulang punggung proyek ini dan Quant menganggapnya sebagai ekosistem di mana ekonomi digital masa depan akan tumbuh dan berkembang.

Melalui Overledger, pengembang dapat membangun aplikasi multi-chain terdesentralisasi yang dikenal sebagai MApps, yang ditujukan untuk pelanggan mereka. Namun, untuk membangun MApp di jaringan tersebut, pengembang harus memiliki sejumlah token Quant (QNT).

Siapa Pendiri Quant (QNT)?

Salah satu pendiri jaringan Quant, Gilbert Verdian, mendapatkan ide untuk proyek blockchain ini saat bekerja di sektor kesehatan. Verdian mengenali betapa pentingnya interoperabilitas dalam memastikan cakupan pasien yang terdaftar di platform yang berbeda.

Dengan lebih dari 20 tahun pengalaman industri, Verdian telah berhasil meningkatkan keamanan, teknologi, dan strategi bisnis di berbagai usaha di seluruh dunia, mencapai hasil yang nyata. Sebelum bergabung dengan Quant Network, Verdian menjabat sebagai Chief Information Security Officer (CISO) di Vocalink, sebuah perusahaan kartu Mastercard. Ia juga pernah menjadi Chief Information Officer di Ambulans NSW, CISO di eHealth NSW, serta memimpin bidang keamanan di Kementerian Kehakiman Inggris.

Sementara itu, co-founder kedua, Dr. Paolo Tasca, adalah seorang pengusaha dan ekonom digital yang memiliki spesialisasi dalam sistem terdistribusi. Dr. Tasca telah menjadi penasihat khusus dalam teknologi blockchain untuk Parlemen Uni Eropa, Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan berbagai bank sentral di seluruh dunia. Ia juga merupakan penulis beberapa buku tentang tekfin dan merupakan salah satu pendiri serta ketua dewan pengurus Retail Blockchain Consortium.

Apa yang Membuat Quant (QNT) Unik?

Sejak diperkenalkannya blockchain dan teknologi buku besar terdistribusi, para inovator telah menemukan banyak kasus penggunaan di hampir setiap industri yang dikenal. Namun, masalah interoperabilitas yang mulus antara proyek-proyek ini masih menjadi tantangan. Untuk mengatasi hal ini, Quant hadir sebagai mata rantai yang hilang antara berbagai jenis blockchain.

Sistem operasi Quant, yang dikenal sebagai Overledger, dirancang dengan tujuan menjadi pintu gerbang bagi setiap proyek berbasis blockchain untuk dapat mengakses semua blockchain lainnya. Overledger juga berfungsi dalam menghubungkan aplikasi dengan aplikasi lainnya dalam ekosistem blockchain yang sama, seperti Ethereum.

Melalui interaksi antar blockchain, Quant menciptakan lapisan yang berbeda untuk aplikasi agar dapat berinteraksi pada tingkat yang sesuai. Quant memiliki lapisan khusus untuk transaksi, pengiriman pesan, penyaringan, dan pemesanan, serta aplikasi yang memungkinkan berbagi dan merujuk pesan yang terkait dengan aplikasi lain.

Dalam App Store Quant, pengguna dapat membaca dan memantau transaksi di berbagai buku besar. Dengan menggunakan Overledger, para pengembang dapat menulis smart contract di berbagai jenis blockchain, termasuk yang sebelumnya tidak mendukungnya, seperti Bitcoin. Selain itu, pengembang juga dapat menggunakan App Store ini untuk membuat dan merilis aplikasi multi-chain (MApps).

Bagaimana Quant (QNT) Diamankan?

Overledger membentuk tulang punggung Jaringan Quant yang memastikan komunikasi yang lancar di antara jaringan DLT dan interaksinya dengan berbagai blockchain yang berbeda. Jaringan Overledger berfungsi sebagai gateway (pintu gerbang) untuk menghubungkan berbagai blockchain tersebut. Seperti pada blockchain proof-of-stake Ethereum, komunitas Jaringan Quant juga terlibat dalam pengelolaan smart contract perbendaharaan.

    Token QNT

    Token QNT adalah token utilitas yang digunakan dalam ekosistem Quant Network untuk menghubungkan berbagai jaringan blockchain. QNT berfungsi sebagai alat pembayaran dalam jaringan, untuk membayar biaya transaksi, layanan, dan akses ke layanan khusus. Selain itu, QNT juga digunakan dalam protokol Overledger Network sebagai insentif bagi pemegang token untuk memvalidasi transaksi dan menjaga keamanan jaringan. Pemegang QNT dapat mengunci token mereka sebagai “stake” untuk mendapatkan imbalan dalam bentuk QNT tambahan. Secara keseluruhan, QNT memiliki peran penting dalam menjalankan ekosistem Quant Network sebagai alat pembayaran, insentif partisipasi, dan keamanan jaringan.

    Itu dia gambaran singkat tentang Quant dan aset Quant sudah terdapat pada market digitalexchange.id loh!

    Share This Article: